Awas Ikut Asuransi Malah Merugikan Kalau Sampai Di Bodohi Oknum Agen Nakal !!! Simak Ciri-Ciri Agen Asuransi Yang Akan Mengecewakan Anda.

Semua pasti setuju , tujuan kita ikut asuransi seharusnya memberikan manfaat buat kita bukan justru sebaliknya malah merugikan kita.

“Nah lo , kok bisa ??!!”
Ya sangat bisa ..!!!

Berhati-hatilah terutama bagi Anda yang masih “buta” dan belum paham seluk beluk asuransi …

Ya benar..

Umumnya kerugian ini biasa menimpa nasabah-nasabah asuransi yang belum atau tidak paham seluk beluk seputar asuransi yang beli asuransinya pada oknum agen asuransi nakal yang asal jual dan tidak ada rasa tanggung jawab.Agen asuransi nakal yang berprinsip asal jual tentu hanya memikirkan keuntungan dirinya sendiri , dia tidak memikirkan dan tidak perduli apakah calon nasabahnya mengerti produk yang di beli dan apakah  benar-benar sudah benar sesuai kebutuhan calon nasabah , efektif dan bermanfaat.

Tujuan utama si agen hanya ingin cepat-cepat deal dengan calon nasabahnya , tak perlu repot-repot memberi edukasi dan penjelasan sebaik-baiknya , selengkap-lengkapnya dan transparan yang menjadi hak dan seharusnya di dapat calon nasabahnya.

Itulah sebabnya rata-rata nasabah asuransi yang menjadi korbannya tidak akan mendapatkan manfaat asuransinya dengan tepat dan umumnya akan kecewa lalu segera menutup asuransinya.

Karena kekecewaannya tersebut , umumnya nasabah akan menjadi trauma , kapok tidak mau ikut asuransi lagi yang kemudian akan “mencap” asuransi itu bohong dan penipu !!!   

Hal tersebut sangat di sayangkan , di satu pihak orang sudah sadar ingin berasuransi , eh kok setelah jadi nasabah malah di kecewakan karena kebetulan belinya sama agen asuransi yang salah. 

Untuk menghindari hal tersebut , selain Anda juga harus berusaha membekali diri pengetahuan tentang asuransi , ada baiknya Anda pun cukup kritis dan selektif dalam memilih agen asuransi saat pertama kali membeli atau saat di tawarkan asuransi.

Lalu apa saja ciri-ciri dan trik oknum agen asuransi nakal dan abal-abal dalam memperdayai calon nasabahnya 

1 . Si agen tidak menguasai product knowledge dengan baik .

Produk asuransi itu cukup rumit dan kompleks , perlu di pelajari product knowledge nya dan di pahami betul oleh agen asuransi  sebelum di jual ke calon nasabah. 

Bila si agen tidak menguasai produk yang di jual , otomatis dia tidak bisa memberikan penjelasan secara benar kepada calon nasabahnya.

Dia tidak akan bisa menjawab pertanyaan calon nasabah berdasarkan data yang benar , akhirnya si agen memberi jawaban yang penuh keraguan dan pastinya asal jawab seenaknya .

Padahal memberikan penjelasan mengenai produk kepada calon nasabah yang terutama masih buta asuransi adalah mutlak dan hak calon nasabah. 

Dan satu hal penting yang jarang di sampaikan agen yang tidak bertanggung jawab adalah menjelaskan secara transparan terutama mengenai syarat dan ketentuan dalam hal klaimnya dan ketentuan-ketentuan penting lainnya. 

Karena calon nasabahnya tidak kritis dan tidak banyak bertanya dan agen nya juga tidak perduli , calon nasabah pada akhirnya banyak yang melanggar sehingga klaimnya tidak di setujui oleh perusahaan asuransinya. 

Untuk itu , bila Anda belum paham tentang asuransi dan kebetulan di tawari oleh agen asuransi yang kelihatannya tidak menguasai produk dan tidak bisa menjawab pertanyaan Anda dengan baik , alangkah baiknya tidak membeli lewat dia atau Anda akan menyesal di kemudian hari.

2 . Si agen tidak memberikan edukasi , konsultasi dan penjelasan secara benar.

Agen asuransi selain sebagai tenaga marketing tapi juga berlaku sebagai konsultan bagi calon nasabahnya.

Agen yang baik harus memberi kesempatan kepada calon nasabah untuk bertanya sebanyak-banyaknya dan mau mendengar apa yang menjadi keinginan atau kebutuhan asuransi calon nasabahnya dan memberikan solusi terbaik untuk kebutuhan asuransi bagi calon nasabahnya.

Agen asuransi yang buruk biasanya juga tidak mau mengedukasi dan menerangkan secara lengkap kepada calon nasabah produk apa yang paling tepat untuknya , apalagi memberi kesempatan bertanya sebanyak-banyaknya kepada calon nasabah , malah kalau bisa menghindar dari pertanyaan-pertanyaan.

Agen yang nakal juga akan berusaha untuk memaksa calon nasabahnya untuk membeli produk  yang sebenarnya tidak terlalu di butuhkan calon nasabahnya.

Celakalah bagi si calon nasabah yang tidak kritis , belum paham tentang asuransi , belum tahu produk asuransi yang paling tepat sesuai kebutuhannya dan berhasil di perdaya oleh agen nakal seperti ini.

3 . Si agen lebih menonjolkan manfaat Nilai Investasinya dari pada Proteksinya.

Banyak perusahaan asuransi yang meluncurkan produk asuransi jiwa jenis unit link yang memang cukup laku di pasaran.

Secara garis besar Asuransi jiwa unit link adalah asuransi yang memberikan sekaligus 2 manfaat yaitu Manfaat Proteksi dan Manfaat Investasi

Kelirunya , banyak perusahaan asuransi yang justru malah lebih “menjual” Nilai Investasinya daripada proteksinya .

Otomatis para agennya lebih fokus menjual Nilai Investasinya kepada calon nasabahnya.

Padahal ini terbalik , justru orang beli asuransi manfaat utamanya adalah lebih memaksimalkan Proteksi jiwanya  bukan nilai investasinya.

Baca selengkapnya : ASURANSI ITU SEBENARNYA UNTUK PROTEKSI BUKAN INVESTASI !!!

Belum paham apa itu asuransi unit link ?

Kalau belum paham apa itu asuransi unit link , alangkah baiknya baca dulu : 

~ Apa Itu Asuransi Unit Link ??? Apa Manfaat , Keunggulan dan Resikonya ???

Apa faktor yang menyebabkan sehingga asuransi unit link malah akan merugikan Anda dalam hal manfaat proteksinya  bila agen asuransi lebih menonjolkan Nilai investasinya ?

Sudah sering di jelaskan bahwa fungsi utama ASURANSI itu UNTUK PROTEKSI diri kita dari resiko secara finansial akibat resiko hidup yang menimpa kita atau keluarga , BUKAN untuk INVESTASI !!!

Tapi banyak agen asuransi dalam promosinya agar produk asuransinya cepat laku , melakukan trik untuk memperdayai calon nasabahnya dengan cara membujuk dan memikat calon nasabah dengan cara mengiming-imingi nilai investasinya yang katanya pasti di jamin akan menguntungkan setelah sekian tahun jadi nasabah , tanpa menjelaskan juga kalau resikonya juga bisa merugi.

Iming-iming Nilai Unvestasi si agen ini padahal bisa menyesatkan bahkan merugikan calon nasabahnya , terutama dalam hal manfaat proteksinya yang menjadi tidak maksimal buat calon nasabah.

Kenapa akan menyesatkan dan merugikan calon nasabah dalam hal manfaat proteksinya ?

Karena yang seharusnya si calon nasabah ikut asuransi untuk mendapatkan Uang Pertanggungan dan proteksinya semaksimal mungkin , tapi karena si agen lebih menonjolkan iming-iming investasinya , otomatis porsi Uang Pertanggungan untuk calon nasabah akan di kecilkan yang akibatnya tidak akan banyak membantu secara maksimal saat terjadi klaim.

Karena perlu Anda ketahui , dalam asuransi unit link bila si agen membesarkan porsi Nilai Investasi secara berlebihan , maka otomatis Uang Pertanggungan dan manfaat asuransi lainnya akan mengecil.

Bingung ?

Maksudnya begini ,

Misal Anda ingin beli asuransi jiwa dengan premi misalnya 1 juta ribu per bulan , tujuannya adalah ingin punya Uang Pertanggungan Jiwa (santunan) sebagai warisan sebesar Rp 1 Milyar bila meninggal , juga ingin punya asuransi kesehatan rawat inap kelas kamar 1 juta per hari  dan Uang Pertanggungan Sakit Kritis sebesar Rp 1 Milyar.

Tapi karena Anda misalnya masih “buta” asuransi  dan pas kebetulan beli asuransinya sama agen yang produk asuransinya lebih menonjolkan porsi nilai investasinya ,  maka Uang Pertanggungan Jiwa Rp 1 Milyar , askes rawat inap kelas kamar 1 juta/hari dan UP Sakit Kritis sebesar 1 Milyar tadi mungkin hanya akan di dapat setengahnya atau mungkin kurang bahkan tidak di dapat sama sekali. 

Nah karena Anda sudah terperdaya , sudah “di butakan” dan tergiur dengan iming-iming investasi nya ini , manfaat proteksi yang Anda butuhkan sebelumnya jadi justru terlupakan.

Perlu diingat , perusahaan asuransi bukanlah lembaga keuangan seperti bank.

Walaupun asuransi unit link ada manfaat investasinya , tapi nilai investasinya ini hanya sebagai pelengkap.

Umumnya akan berkembang secara maksimal bila sudah setor preminya umumnya di atas 8 atau 10 tahun , dan perkembangan Nilai Investasinya ini pun tergantung dari kinerja investasi dan situasi pasar saham dan ekonomi secara global.

Dan nilai investasinya ini bukanlah angka yang pasti terjadi tapi hanya perkiraan saja.

Tidak ada jaminan nilai investasi asuransi unit link pasti akan memberikan keuntungan buat Anda , Anda harus siap juga merugi.

Baca selengkapnya : Memahami Nilai Investasi Pada Asuransi Unit Link , Menguntungkan atau Merugikan ?

Jadi ingat ya,

Saat Anda beli asuransi tetaplah fokus pada tujuan utama Anda beli asuransi yaitu manfaat proteksinya , jangan sampai terjebak iming-iming agen asuransi yang menggiring Anda ke manfaat investasinya.

3 . Agen asuransi nakal cara bicaranya biasanya penuh “janji-janji manis / bombastis”, dan “menggampangkan” tanpa dasar dan tanggung jawab. 

Misalnya calon nasabah ambil asuransi sakit kritis dan bertanya ke agen seperti ini :

“Kalau saya amit-amit kena kanker , apakah pasti di bayar dan gimana nanti cara klaimnya gampang ngga  ?”

Agen nakal biasanya akan langsung bilang : “Gampang kok dan pasti di bayar” ,

Tapi si agen sendiri saat itu tidak menjelaskan secara detil syarat dan ketentuannya , antara lain salah satunya harus melewati masa tunggu lebih dari 90 hari .

Kira-kira kalau calon nasabah jadi beli asuransinya lewat si agen ini dan suatu saat benar-benar terjadi klaim dan ternyata tidak di bayar oleh perusahaan asuransinya karena si nasabah baru dua bulan ikut asuransi , apa yang di rasakan si nasabah ?

Sangat di kecewakan bukan ?

Atau misal contoh lain,

Calon nasabah yg di tawari asuransi unit link bertanya : “Saya bayar premi sampai berapa tahun dan nilai investasinya ini apakah di jamin pasti terkumpul dan untung seperti yg tertulis di ilustrasi ini ?”

Dengan entengnya si agen nakal menjawab : “Cukup 5 tahun saja , setelah itu tidak usah bayar premi lagi sampai seterusnya dan nanti nilai investasi akan berkembang terus dengan sendirinya dan di jamin pasti untung sesuai angka di ilustrasi “

Yang jadi masalah , banyak agen tidak menjelaskan kalau ada syarat dan ketentuan nya mengenai stop bayar premi ini yang sebetulnya tidak semanis yang di katakan si agen. 

Bila calon nasabah menelan mentah-mentah omongan si agen ini dan tergiur lalu jadi beli asuransinya lewat si agen ini , bisa saja di kemudian hari akan di kecewa karena apa yang di iming-imingi si agen  mengenai keuntungan investasinya di kemudian hari belum tentu akan terealisasi. 

Kasus tersebut banyak terjadi.

Jurus janji-janji manis dan bombastis ini biasanya akan di keluarkan agen untuk memikat dan merayu calon nasabahnya , terutama calon nasabah yang di lihatnya mudah di perdaya dan masih buta asuransi.

Tapi bisa juga menimpa pada calon nasabah yang kurang kritis dan mudah percaya tanpa minta penjelasan secara detil.

Baca selengkapnya terkait berapa lama bayar premi asuransi :

♦ Calon Nasabah : “Berapa lama bayar premi asuransinya ???” Bila Agen Salah Jawab Akan Menyesatkan !!! 

4 . Agen asuransi nakal akan memanipulasi data kesehatan calon nasabahnya seolah sehat-sehat saja.

Pada saat pengajuan asuransi , pada Formulir SPAJ (Surat Permohonan Asuransi Jiwa) ada pertanyaan mengenai riwayat kesehatan calon nasabah terkait semua penyakit-penyakit yang di tanyakan , dan Anda wajib menjawab secara jujur.

Kenapa harus jujur ? Karena bila kita berbohong atau menutupi riwayat kesehatan Anda yang sebenarnya , bisa saja bila terjadi klaim di kemudian hari pihak asuransi akan menolak klaim Anda. 

Mungkin Anda akan di interview oleh si agen lalu si agen yang mengisi atau Anda juga bisa mengisi sendiri pertanyaan riwayat kesehatan pada SPAJ tsb .  

Bila Anda sudah menjawab secara jujur bahwa Anda pernah di rawat karena penyakit tertentu , atau saat ini sedang sakit dan minum obat rutin  , agen nakal bisa saja akan memanipulasi data seolah-olah Anda sehat.

Kenapa si agen melakukan manipulasi data kesehatan calon nasabahnya ? Tujuannya agar pengajuan jadi lebih mudah di setujui.

Si agen nakal tentu hanya memikirkan keuntungan buat dirinya sendiri apalagi bila jumlah preminya cukup besar. 

Tapi akibatnya buat Anda ? Tentu akan di rugikan karena klaim Anda bisa saja di tolak di kemudian hari.

Tips dari saya , pastikan Anda memperhatikan semua jawaban data pribadi dan jawaban pertanyaan riwayat kesehatan tertulis dengan benar sebelum SPAJ di ajukan , dan di cek ulang saat menerima buku polis. 

Foto kopi SPAJ nya biasanya akan terlampir di buku Polis di bagian halaman belakang , bila di temui ada data pribadi yang tidak benar atau jawaban data riwayat kesehatan yang tidak benar , (kalau di Allianz) Anda berhak membatalkan polis Anda dalam waktu 14 hari kerja sejak Polis di terima dan uang premi akan di kembalikan sesuai ketentuan yang berlaku.

5 . Agen asuransi nakal biasanya tidak maksimal dalam melayani Anda

Setelah Anda beli asuransi , bisa saja Anda sewaktu-waktu membutuhkan bantuan atau pelayanan agen Anda saat mengalami kesulitan terkait asuransi Anda terutama dalam hal klaim atau hal-hal lain di luar klaim.

Umumnya nasabah tidak tahu cara , prosedurnya  dan tidak tahu harus bagaimana .Tentunya orang yang paling bisa di andalkan adalah agen Anda bukan ?

Beruntunglah bila kita punya agen yang care , tanggung jawab dan bisa di andalkan bantuannya. Sialnya bila kita beli asuransi sama agen yang tidak bertanggung jawab. 

Umumnya yang sering terjadi adalah si agen sulit di hubungi , menghilang tanpa jejak , seumpama pun bisa di hubungi tapi tidak bisa memberi bantuan secara maksimal pada kita.

Untuk itu , sebagai nasabah kita pun harus berusaha tidak bergantung penuh sama agen kita , kita juga harus mau belajar dan membekali diri kita dengan pengetahuan dengan informasi-informasi penting berkaitan dengan pelayanan asuransi terhadap nasabah.

Misalnya , minimal kita harus :

♦ Punya No telepon kantor asuransinya yang terdekat dan nomor telepon Customer Care pusatnya. Untuk Allianz Indonesia : 1500 136 (Non Syariah) atau 1500 139 (Allianz Syariah)

♦ Punya No HP leader si agen , mintakan ke si agen tujuannya bila si agen sudah mengundurkan diri setidaknya kita bisa minta menghubungi leadernya. 

♦ Bisa mengakses website resmi perusahaan asuransinya , misal untuk mengakses website Allianz Indonesia klik DI SINI . Tujuannya agar bisa mencari informasi seputar produk , pelayanan dan lainnya yang perlu Anda ketahui.

Artikel terkait yang wajib Anda baca :

♦ Terungkap , Inilah Tips Ampuh Agar Asuransi Tidak Akan Mengecewakan Anda

♦ 10 Pertanyaan Yang Wajib Di Tanyakan Calon Nasabah Ke Agen Asuransi Saat Beli Asuransi Jiwa

♦ Perhatikan Hal Penting Ini Sebelum dan Sesudah Beli Asuransi !!!

Bagi Anda yang tertarik dengan asuransi Allianz , saya sangat merekomendasikan produk unggulan Allianz yang bernama Smartlink Flexi Account Plus atau biasa di sebut TAPRO ALLIANZ.

Kenapa saya rekomendasikan TAPRO ALLIANZ ?

  • Memberikan sekaligus 2 manfaat yaitu : Tabungan dan Proteksi
  • Harga premi sangat murah mulai Rp 300 ribu / bln tapi manfaat Uang Pertanggungan yang di dapat sangat besar di banding asuransi lain.
  • Paketnya lengkap , manfaatnya meliputi : asuransi jiwa dan Nilai investasi yang bisa di tambahkan rider  asuransi Sakit Kritis , Asuransi Kesehatan rawat inap cashless dan reimburse , asuransi Cacat Tetap Total karena sakit kritis , Asuransi Cacat Total dan Meninggal karena kecelakaan , fasilitas Pembebasan Premi , asuransi karena Kanker dan asuransi jiwa Term life . 

Tertarik dengan asuransi jiwa dan kesehatan Allianz ? 

Dapatkan KONSULTASI DAN ILUSTRASI GRATIS bersama saya agen asuransi Allianz